Cara Membuat Nata De Coco / Sari Kelapa

Posted: April 18, 2011 in Aneka Resep Makanan & Minuman, Tips and Trix
Tag:,

1. Alat

a. Panci/Langseng dari stenless
b. Pengaduk/sinduk stenless
c. Kompor
d. Timbangan duduk
e. Gelas ukur
f. Baki plastik
g. Koran penutup
h. Karet pengikat
i. Rak untuk Baki Plastik
j. Muk Ukur
k. Kain Kassa/Saringan Halus

2. Bahan
a. Air Kelapa murni
b. Gula Pasir/putih
c. Za/Urea
d. Cuka Biang
e. Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa

Cara Membuat

1. Air kelapa mentah di saring, dan dimasukkan ke dalam dandang/panci ukuran 5 liter/20 liter di masak sampai mendidih 100 derajat celcius, setelah mendidih masukkan gula pasir, untuk dandang/panci 5 liter gula 250 gr, za 0,5 gr, cuka biang 50 cc dan untuk dandang 20 liter x 4 dari dandang/panci 5 liter.
2. Air kelapa yang sudah mendidih yang dicampur dengan gula, za, cuka biang masukan ke dalam baki plastik kira 1,2 liter dan harus dipastikan bahwa baki plastik dalam kondisi bersih dan steril dari bakteri.
3. Baki plastik ditutup dengan menggunakan koran dan pastikan koran pun dalam kondisi steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan nata de coco/sari kelapa, koran harus dijemur dipanas matahari.
4. Baki-baki ditutup rapat dan disusun di atas rak baki secara rapi dan ditiriskan sampai dingin untuk diberi bibit nata de coco
5. Pembibitan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 5.30-6.30, hasil pembibitan ditutup kembali
6. Baki hasil pembibitan tidak boleh terganggu apapun, tidak digoyang-goyang, bila ingin melihat hasil nata de koko bisa dilihat pada hari ke 3.
7. Baki hasil pembibitan di biarkan selama satu minggu
8. Pada hari ke 7 silakan dibuka.

Panen

Panen nata de coco/sari kelapa dapat dinikmati pada hari ke 7.

Ciri nata de coco yang baik permukaan rata dan halus.
Apabila dari hasil tersebut di permukaannya ada yang berlubang, seperti sisa gunung berapi maka itu dimungkinkan karena baki atau koran yang tidak steril.

About these ads
Komentar
  1. Sella mengatakan:

    saya sedia bibit dan cara membuat nata yg pas takaranya. hrg per botol rp 6000,- blm ongkir. hub: 0817271727 trims. zakka

  2. Kusnata mengatakan:

    Bos tnya nih,pemakaian urea apa tdk berbahaya bg tubuh(karna baru dengar urea buat makanan) dan d mana bs beli bibit cuka,apa bs pake cuka dapur?satu lg bibit bakteri bs beli d mana?tlg almat tempat penjual bahan2 d atas.tlg pejelasannya.mksih bnyk infonya.

  3. Agus mengatakan:

    Pembuatan nata de coco diperlukan starter / atau bakteri….. dan kita bisa membuatnya sendiri
    dari bahan nanas yang sudah dihaluskan dan di campur gula lalu didiamkan…. dan dalam beberapa hari kita bisa mendapatkan starter pada permukaan juice nanas tsb

  4. digdo purnama mengatakan:

    numpang promo gan!

    informasi pembelian bibit nata de coco, dapat melihat disitus website kami.

    harga per botol 20rbu rupiah

    cp. 085649253544.

    thanks gan,

  5. iip mengatakan:

    gan,. kalo natanya bersih ok lah,,.. tpi limbahnya dipikirkan dong,. depan ane ada pabrik nata de koko, busyet baunya lbih dr kotoran manisia. ni yang harus dipertimbangkan. kalo mau buat usaha jgn ganggu orang lain apa lagi masyarakat.

  6. merro mengatakan:

    saya yang jamin pupuk ZA tidak akan meracuni anda… saya pernah makan 1 sendok, cm mual2 dikit aja… coba bayangkan, dalam pembuatan nata decoco, perbandingannya 100 l air klapa 0,5 L ZA, jadi hitung aja brapa kadar ZA dalam setiap KG nata??? dan anda sekalian mungkin tidak pernah tau klo nata yang siap konsumsi itu masih melalui proses panjang,

    proses nya spt ini,
    setelah nata decoco di panen,
    – dipotong dan di rendam dalam air brsih selama min 12 jam
    – setelah di rendam 12, di rebus sampai mendidih
    – kemudian rendam lagi di air bersih min 12 jam
    – kemudian di rebus lagi sampai mendidih
    – di rendam cuci di air mengalir min 4 jam
    – di rebus dengan air sirup/ gula (air gula sebagai pengawet spt manisa)
    – di kemas/di konsumsi/di pasarkan

    begitu proses nya… maka nya jangan asal vonis…. krn dengan kadar ZA yg sedikit tadi dan dengan proses yg panjang maka kadar ZA nya pasti bersih, sebenarnya dengan proses Fermentasi selama 7 hari itu, kadar ZA nya sudah hilang, apa lagi dengan proses perebusan dan pencucian yang panjang spt itu, jangankan ZA 0,5 kg, arsenik 2 liter sekali pun klo di proses seperti peroses pembersihan nata decoco yg rumit itu pasti tidak akan berbahaya… baca http://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_ZA

  7. Petrus Dananjaya Wirabumi mengatakan:

    siip !!

  8. PENI mengatakan:

    Bahane RIBET .

  9. deio mengatakan:

    gan ZA nya..pake pupuk yang buat tanaman itu?? apa ada bahan lain..?? makasih atas infox..

  10. gogo mengatakan:

    wow.. sip infonya.. nata de coco bener2 ttp sehat dkonsumsi g y..

  11. satmo54 mengatakan:

    https://iqmaltahir.wordpress.com/2012/02/27/hoax-bahaya-urea-dalam-produk-nata-de-coco/

    silakan dibaca dan dicerna baik-baik. jangan karena keterbatasan “rasa ingin tahu” kemudiain anda membunuh usaha orang lain.

  12. wisma mengatakan:

    tolong berikan alasan donk mengapa pembuatan nata de coco perlu memakai bahan urea,dan adakah bahan selain dengan memakai bahan urea?????

    saya tunggu jawabannya secepatnya….

    • lani wijaya alwi prabu mengatakan:

      karena mikroba membutuhkan bahan yang mengandung nitrogen ,phosfor, dan kalium sebagai sumber makanannya sehingga apa bila terpenuhi maka ai akan berkembang biak dan membuentuk gumpalan , yaitu cairan nata. it

  13. intanps mengatakan:

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya

    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/

    ditunggu ya ^^

  14. Aji mengatakan:

    Kalau melihat bahan2nya…. ngeri juga ya…
    Ada Za .. itu kan pupuk ??
    Ada koran.. Koran bekas? Apa tidak mencemari / meracuni ? Koran kan ada tintanya ?? Apa tidak meracuni?
    Betul kata sahabat tadi : Tidak usah beli atau bikin Nata de Coo… !!
    Terima kasih..

  15. Luluk mengatakan:

    Untk lbih amannya gk usah bikin atau beli nata de coco. Krna bahan utamanya juga termasuk pupuk ZA/urea..kalau memakannya sama dgn bunuh diri pelan2 dunkz

  16. RIZKI mengatakan:

    CARA TW NATA DE COCO YG BAGUS DIKOSUMSI SEPERTI APAKAH???

  17. abas mengatakan:

    dimana kah kita dapatkan za/urea dan bibit nata decoco

  18. acip mengatakan:

    sy trtarik skali kpingin buat nata de coco tp aq ksulitan cari bahanxa trutama bibit nata.tloong infoxa

  19. billy mengatakan:

    saya sesudah membuat dari air sampai siap jual tapi kok setelah di press kemudian gelasnya menggelembung dan rasanya kok ga sempurna saya sudah mencoba segala cara tapi kok ga berhasil juga kita sering aja semua ni facebook saya [vinodoank85@yahoo.com]

  20. hani mengatakan:

    kalau misalnya hasil nata de coco ngga rata dan berlubang, masih aman g buat dimakan??

  21. eko mengatakan:

    sy bbrapa kali mbuat stater/bibit & jg nata.tp,smpai sy mnulis ini slalu ga2l.hsilnya slalu diatas prmukaan air klpa yg sdh drbus slalu ada wrna putih keruh prsis sprti susu basi.apa ada kslahan dlm pmbuatan? sy mncoba brdsarkan pnduan yg sy dpt.u/ 3ltr air (ssuai pnduan) sy cmpurkan 1sdm za & 1sdm gula pasir.sdangkan cuka (cuka dpur 25%) sbnyak 6ml.mhon msukannya.tlg dkrim ke email seker_berontak@yahoo.com trimksh…

  22. sas mengatakan:

    cara membuat bibit nata de coco gimana?

  23. Antho R Lawang mengatakan:

    mantap sekali yaa nata de coco nya

  24. Antho R Lawang mengatakan:

    mantap sekali yaaaa nata ce coco nya

  25. dewi utami mengatakan:

    good job…
    bisa buat usaha nih..
    terimakasih ya

  26. novia ervadanti mengatakan:

    https://twitter.com/#!/novianonop plis follow dan kunjungi noviaselalupintar.blogspot.com

  27. [...] dari sumber Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was tagged [...]

  28. Musafik mengatakan:

    Minta cara pembuatanx dikirim ke musafik@gmail.com
    makasih

  29. olis yulianti mengatakan:

    beli bibit nata de coco nya di mana?dan apa sebutan untuk bibit nata de coco

  30. fiya mengatakan:

    mohon informasinya untuk pembuatan natadecoco,,,harus menggunakan urea ya pa….urea itukan pupuk…gimana pa

  31. Itong Muhazrin mengatakan:

    to hendrabudianto
    Mas saya mw tanya klau untuk permentasinya pakai Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa kan……?
    maksudnya Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa itu adalah Starter/ bakteri Acetobacter xylinum…..?
    soalnya yang saya baca pembuatan Nada De coco nya menggunakan bakteri Acetobacter xylinum…
    saya kemarin mw mencoba membuatnya tapi saya keolahan mencari bakteri Acetobacter xylinumnya saya sudah mencarinya ke bandung tetap saya ga dapat mas bisa bantu saya…. klau ada info tlong di kirim ke Email aq ya…. itongmuhazrin@gmail.com
    trim….

  32. Onas mengatakan:

    mas, za itu kan pupuk tanaman, apa tdk bahaya klo dimakan. yang dimaksud biang cuka itu apa ya, maksudnya cuka murni konsentrasinya 100%

  33. adibelibunga mengatakan:

    urea buat makan bakteri azotobakter,karena bakterinya membutuhkan Nitrogen untuk hidup dan berkembang biak,hasil dari mikroba memakan gula mengeluarkan sejenis jaring yg disebut nata.gitu kira-kira

  34. dika mengatakan:

    kami memproduksi banyak kami butuh link penjualan luar kota siapa y bisa menampung 08562556582

  35. Kania mengatakan:

    disekolah ada tugas kimia bikin nata de coco saya ga nemu bibit nata de coco nya TT susah bgt nyarinya teh, jadi saya coba ga pake bibit dan hasilnya gagal :( itu malah bau busuk..! ada yg jual udah jadi selebaran nata de coco nya ga? trim.

  36. Irin mengatakan:

    AGan za nya bs d ganti pk bhn yg lain ga?

  37. prio bintoro mengatakan:

    yang benar aja masa pakai urea. kok tega makan beri resep racun ?
    tolong penjelasannya

  38. Romerro Munthe Carro mengatakan:

    jual nampan untuk nata decoco @ rp 2750

  39. kartiko aji mengatakan:

    ok bro……………….

  40. agus mengatakan:

    beneran ureanya itu yang dimaksud urea yang untuk tanaman…??? minta penjelasan detialnya Gan….. coz sy masih bingung nich….

    • asep surya p mengatakan:

      salam kenal,, duuh kacian yg lg bingung, boleh sy nimbrung? urea memang untk tanaman, nata de coco itu sejenis tanaman jamur yg tumbuh di media air, jadi klu nata de coco tumbuh, membentuk serat halus yg padat, seperti bbusa itu, urea habis dimakan tumbuhan itu, sama kita makan beras, itu tanaman padi pakai urea juga waktu pertumbuhannya, gitulah.., mungkin bisa membantu keluar dari bingungnya, mas agus…

  41. agus mengatakan:

    gan, beneran urea-nya tu urea pupuk yg buat tanaman….? sorry coz sy masih bingung…….

  42. AYU mengatakan:

    ZA ITU APAAN SIH, TERUS BISA DAPAT DI MANA???

  43. uyha mengatakan:

    berapa takaran bibit untuk setiap talang

  44. ricky mengatakan:

    kami mengalami gagal panen dengan tidak jadi nya natadcoco,,
    hasil fermentasi timbul lapisan warna putih (seperti serabut)

  45. ricky mengatakan:

    kami mengalami kesulitan ketika permentasi nya gagal terus ….hasil nya cuma air biasa ? trm mohon bantuan.

  46. yud mengatakan:

    za atau urea nya bisa di ganti dengan bahan lain ndak???

  47. citra mengatakan:

    terima kasih referensinya

  48. Maria mengatakan:

    Setelah membaca urutan cara mengerjakan diatas, bibit Nata, masukkannya ketika cairan air kelapa sudah dibaki? dan berapa banyak masing-2 nya? Kalau gak pakai urea bisa ganti apa? Terima kasih ya?

  49. teguhbhineka mengatakan:

    makasih nata de coco. bisa buat lahan usaha nih.

  50. dada mengatakan:

    pantek

  51. ninik setyowardani mengatakan:

    bisa gak bikin nata de coco dengan air biasa ? Trim

  52. Anonymous mengatakan:

    pake urea? pupuk yag biasa buat tanaman? ga berbahayakah bagi kesehatan?

  53. anak sekolah mengatakan:

    mas. saya pakai cara” ini buat praktek bioteknologi (pelajaran biologi) di sekolah saya. tetapi saya sulit utk mencari bibit nata de coco di daerah saya. apa tidak ada cara lain ? terima kasih mas.

    • hendrabudianto mengatakan:

      terima kasih utk pertanyaannya, tetapi baru dengan cara ini yg duniatehnikku ketahui mengenai cara pembuatan nata de coco. mungkin dari agan/aganwati sekalian ada yg bisa bantu???

    • washmoro mengatakan:

      bisa ko’…

      di pasar biasanya ada penjual nata kan ( yg masih fresh, blm d kasih gula). di baknya kan ada nata n airny yg rasanya masam. nah, yg asam i2 masih mengandung bacteri. bcterix i2 bisa d buat stser/bibit nata….

  54. hadi mengatakan:

    mas cari bibit nata de coconya dimana ya………..

  55. nurrohman fauzi mengatakan:

    sangat tertarik kepingin bisa tolong di bantu prakteknya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s