10 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Posted: November 16, 2011 in Health, Tips and Trix
Tag:, , , ,

Mereka yang mengalami hipertensi biasanya harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin untuk mengontrol tekanan darah. Tetapi dengan melakukan perubahan gaya hidup, tekanan darah yang kelewat tinggi dapat dikendalikan dan diturunkan. Dengan modal tekad dan kedisiplinan, bukan mustahil upaya modifikasi lifestyle ini dapat membantu melepaskan ketergantungan pada obat-obatan.

“Siapa saja yang memiliki hipertensi harus didorong untuk bekerjasama dengan dokter mereka dan mencoba berbagai hal yang mungkin membantu menurunkan tekanan darah tanpa menggunakan agen farmakologis (obat-obatan),” kata Matthew Burg, PhD, seorang profesor dari Columbia University Medical Center di New York.

Berikut ini adalah 10 cara murah dan alami menurunkan tekanan darah tanpa harus menggunakan obat-obatan :

1. Olahraga Dengan melakukan olahraga 30 menit sehari, Anda dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, kata Gerald Fletcher, MD, seorang ahli jantung dari Mayo Clinic, Jacksonville, Florida, sekaligus juru bicara American Heart Association.
“Cobalah latihan aerobik untuk mengurangi tekanan darah sistolik Anda,” kata Fletcher. Ia menambahkan, orang yang aktif secara fisik biasanya dapat mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi. Untuk menunjangnya, pilihlah jenis kegiatan yang Anda sukai seperti misalnya, berjalan, berlari, berenang atau bersepeda.

2. Makan pisang Anda mungkin tahu bahwa makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari manfaat kalium – zat yang mampu menangkal efek buruk dari sodium. Menurut penelitian dari Dietary Guidelines for Americans, mereka yang mengalami hipertensi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium dalam diet mereka. Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 4.700 miligram per hari. Adapun beberapa sumber makanan yang kaya kandungan kalium diantaranya pisang (422 miligram), kentang panggang dengan kulit (738 miligram), jus jeruk (496 miligram per cangkir), dan yogurt tanpa lemak atau rendah lemak (531-579 miligram per 8 ons).

3. Kurangi asupan garam Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi, dan hipertensi secara substansial dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan memotong asupan garam. Pedoman diet merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.

4. Stop merokok Perokok adalah kelompok yang paling berisiko tinggi mengidap hipertensi. Kandungan tembakau dan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara, meskipun rokok itu sendiri bukan penyebab tunggal hipertensi kronis. Berhenti merokok dapat membantu Anda menurunkan sedikit tekanan darah Anda. Dan, tentu saja, manfaat kesehatan lainnya yang tak terhitung jumlahnya, kata Fletcher.

5. Menurunkan berat badan Secara konsisten beberapa penelitian menunjukkan bahwa, sedikit saja kehilangan berat badan, dapat memiliki dampak besar pada tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan ekstra ini lambat laun dapat menyebabkan hipertensi. Sementara itu, dengan memangkas berat badan beban kerja jantung akan jauh lebih ringan.

6. Kurangi alkohol Konsumsi alkohol secara moderat – tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria – memiliki manfaat kesehatan jantung. Tapi pada beberapa orang, minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.

7. Kelola stres
Mengelola stres secara efektif dapat membantu mengurangi tekanan darah, tetapi sayangnya, tidak ada penelitian yang menawarkan langkah demi langkah untuk mengurangi tingkat stres pada semua orang, kata Burg. “Ada sejumlah cara yang telah dikembangkan sebagai praktik untuk menginduksi keadaan relaksasi. Tetapi bagaimana cara yang baik dan benar, ini masih harus dijawab dalam uji klinis,” katanya. Namun demikian, Burg merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus mampu melakukan manajemen stres dan berlatih dengan konsisten.

8. Yoga Yoga adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Sebuah studi baru di India menemukan bahwa latihan pernapasan yoga mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi – di mana bekerja mempengaruhi efek sistem saraf otonom – dengan mengatur denyut jantung, pencernaan, dan fungsi lainnya.

9. Jauhi kafein Kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi tidak untuk menurunkan tekanan darah. Dalam jangka pendek kafein dapat memicu lonjakan tekanan darah, bahkan pada orang tanpa hipertensi.
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membatasi asupan kafein (sekitar dua cangkir kopi per hari). Anda dapat memeriksa apakah Anda sensitif terhadap kafein atau tidak dengan memeriksa tekanan darah sebelum dan setengah jam setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Jika meningkat sebesar 5 atau 10 poin, Anda berarti sensitif terhadap kafein.

10. Meditasi Meditasi – apakah itu melibatkan nyanyian, pernapasan, visualisasi – dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif bagi banyak orang, kata Burg. Sekali lagi, yang penting adalah bahwa hal itu membuat Anda merasa baik, dan Anda dapat berkomitmen untuk melakukannya secara konsiste
n

About these ads
Komentar
  1. Elmira Surabaya mengatakan:

    Hai, aku ada Info bagus nih buat referensi para traveller yang mau berkunjung ke Paris atau ke tempat menarik di seluruh dunia..
    Elmira menyediakan pelayanan untuk Reservasi Tiket Pesawat dan Hotel dengan harga bersahabat!!
    siapa mau coba???
    langsung saja Hubungi Elmira melalui facebook (http://www.facebook.com/Tibitours.jatim), Twitter (https://twitter.com/InfoElmira), Web (http://elmiragroup.com/)
    Ditunggu ya Reservasi nya :)

  2. budi mengatakan:

    nice info gan
    btw mau nanya nih gan tadi kan menurut agan Kurangi alkohol Konsumsi alkohol secara moderat – tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria – memiliki manfaat kesehatan jantung???

    berarti kalo sehari mengkonsumsi alkohol dibawah 1 gelas baik buat kesehatan dong gan?

  3. Joko mengatakan:

    Terimakasih,,, semoga bermanfaat.

  4. Oji mengatakan:

    Terima kasih banget atas tips nya . Ini bisa digunakan buat orang yang menderita hipertensi

  5. dodit mengatakan:

    trimaksh.infonya bermanfaat.bgt

  6. yansen mengatakan:

    Thanks u imfo kesehatannya. Sgt berguna. Good

  7. Nur apsiah mengatakan:

    Sangat lama Saya sudah menderita Tekanan Darah Tingg, sangat pusing dibuatnya, tiap hari harus minum obat, mengontrol makanan, mengontrol jiwa, Tapi saat ini Saya sudah sembuh, Tekanan Darah Saya normal kembali, tidak minum Obat lagi, dengan mengkonsumsi Biji-bijian, Sayur-sayuran dan Buah-buahan. Iwan YaS 081210744486, 087877744554

  8. Asep Libriansyah mengatakan:

    Thank’s for tips & trik,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s