15 Cara Meningkatkan Traffic Blog Anda

Posted: Mei 18, 2011 in info, Tips and Trix
Tag:, ,

1. Jalin kerjasama dengan blogger lain.

Kembangkan kerja sama dengan semua blogger lain terutama yang blognya sejenis dengan blog anda. Berikan komentar pada blog mereka buat percakapan, link dengan mereka dan jalin persahabatan. Dan sebelum anda mengetahui mereka akan mengelink blog anda yang tentunya akan mendatangkan traffic ke blog anda.

2. Sign up ke Yahoo! Answer.

Di Yahoo Answer anda dapat menjawab pertanyaan orang lain dan menolong orang lain. Di sana ada box dimana anda dapat menuliskan sumber dari jawaban anda. Jawablah pertanyaan yang ada dan buat link ke blog anda sebagai sumber.

3. Gunakan Feedburner untuk memudahkan pengunjung berlanganan feed blog anda.

Ketika seseorang subscribe blog anda via RSS atau mendapatkan update blog anda via email, mereka akan melihat postingan anda ketika ada yang baru. Hal ini akan menjadi vital untuk menjaga para pembaca tetap berhubungan dengan blog anda dan menarik mereka kembali untuk mengunjungi blog anda.

4. Gunakan Youtube.

Buat account di youtube, kemudian pada profile anda, dapat memasukkan alamat-alamat blog/website anda. List halamat blog anda disana dan mulailah buat video. Ketika seseorang melihat profile anda kemungkinan besar ia akan mengklik blog anda.

5. Gunakan Technorati tags.

Mendapatkan lebih banyak category pada Technorati berarti anda akan mendapatkan lebih banyak expose, yang berarti akan mendapatkan lebih banyak traffic.

6. Gunakan fasilitas untuk memudahkan pengunjung menshare artikel anda.

Pada setiap artikel blog sering didapati barisan tombol yang akan memudahkan para pengunjung untuk submit dan vote artikel ke social bookmarking site seperti digg.com, reddit.com, delicious.com, slashdot.org, stumbleupon.com atau yang lainnya. Contoh anda bisa menggunakan plugin Sociable atau Share This. Saya sendiri menggunakan Sociabel plugin.

7Buat artikel atau postingan pada moment-moment khusus.

Buat artikel atau postingan pada moment-moment khusus seperti pas hari raya, puasa, hari kemerdekaan, Piala Dunia atau Word Cup, Jadwal MotoGP, Jadwal Sholat dan-lain-lain. Karena keyword atau postingan yang berkaitan dengan moment itu biasanya akan banyak dicari pengunjung ketika moment itu berlangsung. Bisa dibilang aji mumpung heeeee…..

8. Buat pengunjung blog anda merasa seperti di rumah sendiri.

Jika anda seseorang yang tidak sopan, jangan pernah memberikan apapun kepada pembaca blog anda, jangan menjawab komentar atau email, jangan menolong blogger lain, atau selalu sinis dan tidak membuat para pembaca blog anda merasa seperti dirumah mereka sendiri, maka besar kemungkinan mereka akan berhenti untuk mengunjungi blog anda. Tapi jika anda membuat mereka seperti di rumah sendiri anda akan mendapatkan banyak traffic.

9. Jangan pasang iklan secara berlebihan

Ingat Content is the King. Jangan sampai iklan anda lebih dominan daripada isi postingan. Biasanya pengunjung cenderung kurang suka dengan blog yang berisi iklan yang terlalu banyak.

10. Buatlah sebuah kontes berhadiah.

Ini adalah ide yang baik. Buatlah kontes dengan hadiah yang menarik. Orang-orang akan mengikuti blog anda dengan harapan akan memenangkan hadiah. Jika anda memberikan hadiah yang menarik pasti beritanya akan cepat tersebar, tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa bahwa blog anda memiliki banyak pembaca yang setia.

11. Tolonglah blogger yang membutuhkan anda.

Jika ada blogger pemula yang meninggalkan komentar atau email dan butuh bantuan anda jangan pelit untuk membantu mereka. Siapa tau suatu saat mereka akan menjadi besar dan akan selalu mengingat kebaikan anda.

12. Berikan sebuah award/penghargaan.

Luangkan waktu anda untuk membuat sebuah trophy atau banner untuk sebuah award atau penghargaan. Pastikan award itu memiliki tema atau nama, misalnya, Penghargaan Untuk Blogger Terbaik. Lalu linkkan banner tersebut ke 5 blogger lain yang menurut anda terbaik. Buat peraturan bahwa kelima blogger tersebut juga melakukan hal yang sama dengan banner tersebut, link dengan lima blogger lain yang menurut mereka terbaik. Pastikan di dalam banner tersebut terdapat link anda sebagai pembuat banner. Jika ini berjalan maka akan akan mendapatkan banyak backlink dan kemungkinan akan menerima banyak traffic juga semakin besar.

13. Join di sebuah forum dan dan message board, misal di Kaskus. Bergabunglah dengan forum dan message board yang relevan dengan tema blog anda. Jangan lupa masukkan link blog anda baik di profile maupun di thread, maka ketika pengunjung lain melihatnya dan thread atau komentar anda menarik, pengunjung akan dengan senang hati untuk klik blog anda.

14. Buat blog anda menjadi dofollow (optional). Blog dofollow biasanya rame pengunjung terutama yang ber-page rank tinggi. Pengunjung blog akan lebih suka untuk berkunjung dan berkomentar dengan meninggalkan sebuah link ke blognya. Dampak negatifnya jika link keluar (outbound lik) lebih banyak dari pada link ke dalam (inbound link) maka akan merugikan pemilik blog dofollow tersebut. Untuk menyiasatinya (khusus blog ini) komentar yang di tengah (Reply Comment) saya buat nofollow termasuk link yang ada di dalam isi komentar. Kemudian harus diimbangi memperbanyak link ke dalam blog ini dengan rajin blogwalking dan submit blog atau postingan ke beberapa direktori blog atau social bookmark.

15. Buatlah Thread Comment atau Komentar Bertingkat

Dengan membuat komentar bertingkat akan lebih memudahkan pengunjung atau pemilik blog untuk membalas sebuah komentar persis di bawah komentar sebelumnya. Setingan komentar  model seperti ini juga sangat cocok digunakan untuk blog yang sering dijadikan Battle Top Komentator karena antar pengunjung bisa saling berbalas komentar dengan cepat dan berdekatan (lebih interaktif) walau kadang berbau spam tapi mempunyai keasikan tersendiri.

Dan masih banyak cara lain yang bisa dipakai untuk Meningkatkan Traffic Blog atau Website baik melalui media online atau offline seperti membuat stiker, buku, pamflet dll yang bisa anda kembangkan sendiri.

Komentar
  1. chris mengatakan:

    i like this article, very nice share. so i want to rewrite this to post in my blog with your link

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s