Cara Alami Mengobati Penyakit Wasir/ Ambeien

Posted: Mei 22, 2011 in Tips and Trix
Tag:, , , ,

Penyakit wasir atau yang sering disebut juga dengan ambeien diderita karena pembuluh vena di bagian anus mengalami peradangan. Munculnya penyakit ini ditandai dengan terdapatnya darah yang turut keluar bersama feses saat buang air besar, dalam keadaan lanjut akan nampak tonjolan yang keluar dari anus dan terasa sakit. Dalam keadaan yang parah cara mengatasi wasir perlu dengan tindakan pembedahan oleh dokter untuk menghilangkan bagian yang keluar tadi.
Wasir dapat menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya karena membuat penderita penyakit wasir kesulitan saat duduk, nyeri saat buang air serta rasa sakit atau gatal di sekitar anus.

Berikut ini beberapa tips sederhana sebagai cara mengatasi wasir.

  1. Hindari mengejan saat buang air besar. Karena mengejan membuat otot di sekitar anus berusaha mendorong sesuatu keluar dari anus akibatnya justru wasir akan semakin memburuk.
  2. Perbaiki pola makan, dengan mengkonsumsi secara rutin sayur dan buah. Sayur dan buah akan memeperlancar pencernaan dan membuat feses menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan tanpa harus mengejan.
  3. Banyak meminum air putih. Air putih sangat baik bagi sistem pencernaan karena akan membantu mendorong kotoran keluar dengan mudah saat buang air besar maupun kecil.
  4. Rutin melakukan olah raga ringan dan hindari terlalu lama duduk.
  5. Disiplin dalam mengkonsumsi obat. Jika ingin menggunakan obat tradisional wasir, salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan adalah air rebusan daging lidah buaya yang ditambahkan madu dan diminum dua gelas sehari. Dan akan lebih efektif lagi jika disertai dengan mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke daerah wasir. Sementara itu, untuk mengatasi pendarahan akibat wasir dapat dibuat obat tradisional wasir berupa air rebusan daun wungu yang diminum rutin setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s