Sejarah Game Tetris

Posted: Mei 31, 2011 in Iptek
Tag:,

Siapa yang tak tahu game tetris?. hampir semua orang di dunia ini pasti tahu game yang sangat terkenal ini, game yang berbasis brain game ini adalah game kuno yang sangat mengasyikan, di dalam game ini, kita harus bisa menyusun truktur bangunan ke dalam suatu formasi bangunan lain agar bisa saling mengunci dan kemudian mendapatkan nilai untuk dapat naik ke level berikutnya.

Tetris adalah permainan teka-teki bangunan yang pertama kalinya didesain oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, saat itu, ia masih bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow, nama tetris sendiri diambil dari bahasa numerik yunani, yaitu tetra yang artinya empat. Empat sendiri adalah jumah susunan balok yang bisa diubah-ubah ke dalam berbagai bentuk untuk selanjutnya disusun oleh si pemain untuk dapat saling terkunci.

https://i0.wp.com/www.blogiversity.org/blogs/panda_ponderings/tetris.jpg

Pada dasarnya, ada 7 jenis formasi balok yang ada di dalam game tetris, yaitu balok I, J, L, O, S, I, dan Z. balok-balok tersebut diberi nama demikian karena memang bentuknya mirip dengan hurup tersebut, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/39/Tetrominoes_IJLO_STZ_Worlds.svg/360px-Tetrominoes_IJLO_STZ_Worlds.svg.png

Permainan tetris ini sukses setelah dirilis oleh gameboy pada tahun 1989, setelah itu, permainan ini mulai dirilis ulang oleh berbagai perusahaan game dunia seperti nintendo, playstation, office game, dan perusahaan-perusahaan game ternama lainya. walaupun sudah berusia sangat lama, tapi permainan ini tetap menjadi primadona di mata gammer-gammer dunia, menurut mereka, game ini adalah game yang banyak menguras otak dan mengasah cara pandang ruang otak seseorang.

makin lama, pola permainan game ini makin beragam, jika pada versi awalnya, game ini hanya menggunakan sistem penilaian berdasarkan bangun ruang yang disusu, tapi lama kelamaan, mulai banyak versi tetris yang juga menggunakan penilaian berdasarkan keserasian warna.

https://duniatehnikku.files.wordpress.com/2011/05/untitled.png?w=300

Pada berita Electronic Gaming Monthly ke-100, Tetris berada pada urutan pertama pada “Permainan Terbaik Sepanjang Masa”. dan Pada tahun 2007, Tetris berada di urutan kedua pada “100 Permainan Terbaik Sepanjang Masa” menurut IGN.

Sumber: wikipedia

Komentar
  1. Fakta Dunia mengatakan:

    Nih artikelnya copas ato buat sendiri bro? Keren yah, sangat rinci

    • hendrabudianto mengatakan:

      artikel yg ada disini macem2 gan. ada yg buatan sendiri, ada yg copas murni (selalu saya cantumkan sumbernya) dan ada yg sebagian copas namun saya tambahkan lagi beberapa data pendukung dan saya perbaiki juga kata2 dan tulisannya. karena tujuan saya membuat blog ini adalah sebagai tempat share bermacam ilmu pengetahuan biar semua rakyat indonesia makin banyak yg pinter. amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s