Menentukkan Arah Kiblat Dengan Google Earth

Posted: Juni 1, 2011 in info, Iptek
Tag:, , , ,

Kita tahu bahwa bahwa bagi umat Islam, arah kiblat adalah salah satu unsur penting dalam Sholat, bahkan salah satu rukun sahnya sholat adalah menghadap kiblat. Dan Kiblat umat islam di seluruh dunia adalah ka’bah yang ada di kota Mekkah Saudi Arabia. Hanya saja ternyata umat muslim Indonesia masih banyak yang tidak tahu bahwa arah kiblat mereka adalah salah (apalagi para orang tua jaman dahulu). Bagi mereka, arah kakbah itu ya arah barat, padahal jika kita telaah berdasarkan peta, arah kiblat sebenarnya tidak murni barat, melainkan agak menyerong ke utara.

Walaupun sudah banyak masjid-masjid di Indonesia yang sudah mengubah arah kiblatnya dengan menggeser karpet sholatnya, tapi ternyata masih banyak masji-masjid di Indonesia yang belum mengubah arah kiblatnya. Lalu bagaimanakah cara menentukan arah kiblat ?

https://i1.wp.com/at-tadzkir.org/wordpress/wp-content/gallery/all/kakbah.jpg

Berikut adalah salah satu cara cara paling tepat dan paling canggih dalam menentukan arah kiblat, yaitu dengan menggunakan google earth. Intinya cara ini adalah menarik garis lurus antara masjid dengan ka’bah, sehingga nanti akan ada garis khayal yang menunjukkan arah kiblat.

Pertama, silahkan cari lokasi masjid yang akan ditentukan arah kiblatnya dengan menggunakan pencarian (silahkan tulis nama kampung, kecamatan, atau kelurahan tempat masjid berdiri, terus cari lokasi masjidnya) lalu simpan di placemark.

Setelah itu, silahkan cari lokasi kakbah dengan cara yang serupa (Subhanallah, ternyata di google earth, Masjidil Haram tampak putih bersih dan bersinar) Centang lokasi ka’bah di placemark dan hilangkan centang untuk selainnya, lalu Klik Add path yang ada di kiri atas tampilan google earth, lalu klik satu kali dilokasi yang akan dibuat arah kiblatnya. Beri nama di kolom nama, dan jangan klik OK dulu.

lalu Selanjutnya klik play di placemark dan klik pada kakbah satu kali, dan muncullah garis khayal yang sebenarnya adalah arah kiblat yang sesuai. kalian ttinggal menentukan patokan arah kakbah tadi dengan bangunan lain, sehingga kalian tahu arah kakbah yang sebenarnya.

Bagitulah cara menetukan arah kiblat dengan google earth, yaitu membuat garis khayal antara ka’bah dengan masjid atau rumah kita, atau bangunan lain yang ingin ditentukan arah kiblatnya.

secara garis besarnya, silahkan lihat gambar di bawah ini. dibawah ini adalah gambar garis khayal yang menghubungkan antara ka’bah dengan masjid yang kita tentukan tadi (sudah diperkecil tampilan zoomnya)

Dengan cara yang mudah ini diharapkan para umat muslim dapat menentukan arah kiblatnya dengan benar dan tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan yang fatal dalam penentuan arah kiblat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s