Tips Merawat Kamera Digital

Posted: Juni 4, 2011 in Tips and Trix
Tag:, ,

https://duniatehnikku.files.wordpress.com/2011/06/kameradigital.jpg?w=300
Kamera digital telah menjadi alat yang umum dijumpai di setiap keluarga, semua itu dikarenakan semakin murah harganya dan semakin banyak variasinya merk serta fitur-fiturnya. Namun masih banyak masyarakat yang kurang faham cara penggunaanya. Dan tak sedikit pula yang tidak tahu cara merawat kamera digitalnya agar terhindar dari
kerusakan dan berumur panjang. Berikut tips perawatan kamera agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal serta berumur panjang.

1. Hindari kamera dari goncangan yang berlebihan. Caranya, antara lain dengan meletakkan kamera di dalam tas khusus dengan pelindung busa di bagian sekelilingnya. Biasanya, tas tersebut juga memiliki sekat-sekat yang bisa dicopot. Hal ini perlu untuk menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Agar kamera tidak lembab, ada baiknya jika Anda meletakkan silica gel pada bagian dalam tas kamera.

2.Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Jagalah kamera digital anda jangan sampai terjemur atau terkena sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Sebab panas yang tinggidapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastic dan karet serta komponen elektronik yang lainnya.

3.Bersihkan kamera dan lensa. Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian fisik kamera gunakan lap kering yang bersihdan tak kasar. Sedangkan bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual ditoko kamera.

4.Hindari goresan pada lensa. Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanentdibagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (ultraviolet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan dibagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

5.Saat melakukan pemotretan di daerah pantai, hindari kemungkinan kamera dari cipratan air laut atau bahkan sampai tercebur di dalamnya karena air laut bisa menyebabkan karat yang potensial terhadap kamera. Wajib hukumnya membersihkan kamera sesegera mugkin setelah pemakaian di daerah pantai karena lazimnya uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera.

6. Jangan terlampau sering membersihkan lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Karena kaca lensa begitu peka. Sebab semakin sering juga dibersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar kurang baik.

7.Jangan menyimpannya didalam lemari pakaian. Karena hal itu dapat mengundang jamur yang menempel pada lensa bagian dalam kamera.

8.Hindari Kapur Barus. Jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari pakaian atau lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian. Sebab kapur barus merupakan perusak yang paling ampuh terhadap kamera, yang dapat menyeka-nyeka kamera dan bagian kamera yang lain yang berbahan dasar karet. Pada kamera elektronik kapur barus dapat merusak jalur pada PCB (Printed Circuit board) yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahkan uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat Hek pada lensa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s