Tips Mengambil Foto Dengan Kamera HP

Posted: Juli 7, 2011 in Tips and Trix
Tag:, , ,


Kamera yang ada di telepon selular atau HP kini bukan barang langka lagi. Walau rata-rata resolusinya nggak lebih dari satu mega pixel tapi kamu tetap bisa dapet hasil yang oke. Gimana caranya? Baca dulu tips ini!

Foto Sebanyak Mungkin
Dalam sebuah kesempatan, sebisa mungkin kamu mengambil foto sebanyak mungkin. Pilih yang terbaik, sedangkan yang jelek-jelek ya di-delete aja! Anggapkursus fotografi sendiri atau privat fotografi.

Foto Dalam Jarak Dekat
Banyak kamera foto yang tidak memiliki zoom. Untuk memastikan obyek yang kamu ambil terlihat jelas, mendingan kamu foto dari jarak dekat. Selain lebih jelas, gambar yang kamu ambil bisa lebih baik. Cobalah setidaknya dalam jarak 1 meter seperti yg sering diterapkan di photography course atau photography private.

Foto Sejajar Pandangan Mata
Ambil gambar yang tingginya sejajar dengan pandangan mata kamu. Apalagi jika mengambil foto orang, fokuskan pada bagian wajah (close-up). Segala ekspresi dan senyum orang itu pastinya terlihat lebih jelas. Kalau memotret binatang atau anak-anak, coba sedikit menunduk ala kursus privat fotografi supaya lebih sejajar dengan mereka.

Perhatikan Cahaya Sekitar
Belum banyak kamera ponsel yang dilengkapi dengan built in flash. Semakin gelap cahayanya semakin kurang baik kualitas gambarnya. Semakin gelap cahayanya, maka semakin keras usaha ponsel kamu untuk menangkap cahaya. Hasilnya, gambar kamu akan tampak berbintik-bintik dan kasar. Kalau terpaksa memotret di dalam ruangan, usahakan ada penerangan yang menerangi obyek kamu.

Cari Latar Belakang yang Netral
Latar belakang yang netral atau polos semakin menguatkan obyek yang kamu foto. Lagi-lagi ini penting karena kamera hp hanya bisa menangkap gambar dalam ukuran yang kecil. Kalau obyek kamu kecil sedangkan latar belakangnya ramai pasti gambarnya semakin nggak fokus.

Coba Sudut yang Berbeda-beda
Foto nggak harus selalu dari depan . Bisa dari samping, dari bawah, atau dari atas. Coba berbagai sudut, nanti kamu bakal dapet foto yang oke sekaligus artistik seperti yang di ajarkan oleh tutor kursus fotografi dan privat fotografi.

Pakai Resolusi Tertinggi
Beberapa kamera HP menyediakan pilihan resolusi. Untuk foto-foto event atau momen yang penting selalu gunakan resolusi tertinggi. Selain pada kualitas gambar, resolusi juga berpengaruh ketika kamu mau mencetak gambar. Semakin besar resolusinya semakin besar juga ukuran gambar yang kamu cetak. Misalnya resolusi maksimal hanya bisa mencetak ukuran 3×4 cm, dengan resolusi besar dan cahaya yang baik kamu bisa cetak sampai ukuran 2R.

Eksplorasi Fasilitas Kamera Kamu
Punya kamera ponsel jangan asal potret aja. Cari tahu fungsi-fungsi yang ada di ponsel kamu bisa di manual book atau di photography course & photography private. Beberapa kamera ponsel menyediakan perubahan warna ke sephia atau hitam-putih. Ada juga kamera denga fasilitas zoom, brightness-contrast, atau self-timer.

Rambu-rambu berkamera HP
Kelebihan kamera HP adalah kecil dan mudah dibawa kemana-mana sehingga memudahkan kita untuk belajar kursus privat fotografi sendiri. Tapi ada juga lho aturan yang wajib diikuti biar nggak bikin orang kesal atau marah.
1. Minta ijin jika kamu ingin memotret orang yang tak dikenal.
2. Lihat peraturan di tempat kamu mengambil gambar. Di beberapa tempat pengambilan gambar menggunakan kamera apapun tidak diperbolehkan.
3. Jangan menyebarluaskan gambar orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut.

Sip, sekarang udah siap foto-foto kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s