Transformasi Angkutan Umum Kopaja

Posted: Agustus 2, 2011 in info, Topik hangat
Tag:, ,

Kopaja. Begitu mendengar nama yang satu ini, langsung muncul di pikiran kita, besi-besi yang berkarat, orang-orang yang berdesakkan dalam bus, atau pengemudi yang ugal-ugalan, dengan satu tangan pada stir, dan tangan yang lainnya memegang rokok.

Tetapi pada hari Jum’at (29/7), Kopaja, singkatan dari Koperasi Transportasi Jakarta, meluncurkan 20 armada bus baru, dilengkapi dengan fasilitas air conditioner (AC). Bus terbaru ini akan melayani rute antara Ragunan, Jakarta Selatan, dan Slipi, Jakarta Barat.

Azas Tigor Nainggolan, selaku Ketua Dewan Transportasi Kopaja, yang mana Kopaja merupakan anggota di dalamnya, mengatakan bahwa inisiatif untuk meningkatkan layanan bus datang dari koperasi itu sendiri. “Kami telah kehilangan banyak penumpang. Karena banyak dari mereka yang berfikir bahwa menggunakan transportasi umum hanya buang-buang waktu dan uang,” ujarnya.

Masyarakat Jakarta kebanyakan pasti lebih memilih menggunakan motor sebagai alat transportasinya. Karena dengan motor, lebih murah, lebih cepat, dan efisien, terutama bagi masyarakat yang harus menyambung penggunaan bus untuk mencapai tempat tujuannya. “Misalnya, untuk pergi ke Tanah Abang dari Cawang, masyarakat  harus menyambung bus lebih dari dua kali, tetapi jika dengan motor atau bus Transjakarta orang bisa sampai langsung ke tujuannya,” tambah Tigor.

Ia menambahkan bahwa rencana ke depannya armada bus Kopaja AC ditambah serta akan melayani rute yang lebih banyak lagi, mulai tahun depan. Selain itu, ia juga menambahkan, karena penggunaan AC, bus Kopaja terbaru akan dilengkapi dengan kotak uang di mana para penumpang bisa langsung menaruh uang ongkosnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kondektur yang biasanya berkeliling dan “bergelantungan” di luar pintu seperti yang biasanya terlihat di Kopaja lama.

Tidak seperti sistem yang berlaku saat ini, dimana pengemudi bus harus menyetor uang sewa harian dan sisanya untuk mereka. Pengemudi di Kopaja baru ini akan menerima gaji bulanan. Soal tempat duduk, bus Kopaja terbaru memiliki tempat duduk yang lebih nyaman dan bus dilengkapi juga dengan tali pegangan sehingga penumpang yang berdiri bisa berpegangan terhadapnya.

Terlepas dari semua perbaikan, tarif bus Kopaja terbaru akan tetap Rp 2000. “Tarif itu dianggap cukup, apabila jumlah penumpang meningkat atau stabil, maka tarif yang ada akan menutup biaya,” ucap Tigor. Ia juga mendesak pemerintah kota untuk mendukung perbaikan. “Kantor transportasi bisa mengatur ulang rute angkutan umum di setiap wilayah di Jakarta,” katanya. Hal ini akan memastikan, bus Kopaja terbaru akan mampu berintegrasi dengan bus Transjakarta dengan menjadi pembantu dalam sistemnya.

Udar Pristono, selaku Kepala Kantor Transportasi Jakarta, mengatakan bahwa, “Itu adalah kewajiban operator bus untuk meningkatkan tingkat pelayanan bagi publik. Setelah AC di bus adalah salah satu cara untuk melakukan itu. Jika operator lain menyediakan bus lebih seperti ini, yang baru, yang lebih nyaman, maka saya percaya bahwa orang akan memilih mereka dan meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah,” katanya.

Seorang pengguna Kopaja, Diah Putri Widyaningsih, meragukan apakah bus-bus baru akan terpelihara dengan baik. Ia mengatakan pengemudi Kopaja mungkin perlu beberapa pelajaran untuk meningkatkan keselamatan penumpang. “Karena selama ini pengemudi Kopaja terkenal sebagai pengemudi yang brutal,” katanya.

Berbeda dengan Triani Hapsari, pengguna Kopaja, mengatakan dia tidak yakin tentang adanya kotak uang. “Bagaimana jika penumpang tidak memiliki uang pas? Penumpang akan terus mengganggu pengemudi, kan?”

Source : thejakartaglobe.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s